top of page

IBI "minuman durian made in Banggai

IBI, kalo denger sekilas ya kaya nama sekolah, atau komunitas, atau yang sejenisnya. Etapi bener nggak sih, sini saya jelaskan.

Ibi itu ya sejenis es buah yang terdiri dari 3 macam bahan sahaja. Whaaat? Yup hanya tiga aja nggak perlu banyak banyak. Asalnya nggak tau dari mana, tapi sepanjang hidup saya, blom pernah ketemu minuman ini dari lain tempat. Jadi minuman ini dari daerah asal saya Banggai kepulauan, di Sulawesi tengah sana. Jauh? Nggak kok hanya 3 hari 2 malem pake kapal, en 3 jam naik pesawat plus 4 jam naik kapan cepat. Hihi masih jauh juga. Insyaallah nanti dikasih fotonya sekalian jalan jalan yaaa. 

Mulai membuat ibi. Bahan utama membuat ibi adalah "king of fruit" alias durian aka duren. Bukan duda keren ya😬.

Tujuan dibuat ibi adalah, dengan durian yang sedikit, seluruh anggota keluarga bisa merasakan. Kalo yang ini dapet alasan dari para mace en pace ( panggilan mama dan papa ) dan nene nene di rumah. Ini sebenernya antara pelit atau ngajarin berbagi nggak sih 😂.

Baiklah kita mulai yuks cara membuatnya pertama tama, durian dikeluarkan dulu dari bijinya. Napsu untuk makannya tahan tahan dulu ya, walaupun agak ngiler gimana gitu. 

Lanjut prepare santannya. Kenapa pake santan? Supaya gurih, kalo ada yang nanyain bisa ganti susu nggak? Jawabannya bisa aja tapi saya blom pernah ganti dan nggak tau rasanya. 😬. Kemaren durennya 3 biji yang sedang, santennya sekilo.( blom diperas). Oiya peras santannya pake air matang ya, soalnya udah langsung jadi tuh.

Lanjut, airnya dikira kira aja cukup nggak untuk diminum berapa orang karena durian itu hanya syarat aja supaya ada rasa duriannya. Durian yang sudah dibersihlan dari bijinya pelan pelan dimasukkan kedalam loyang yang berisi santan sambil diaduk aduk. 

Aduk merata durian, dan santan, sampai

Merata. Setelah dirasa cukup merata, masukkan gula pasir. Gula pasir sebagai pemanis dari santan yang sudah gurih. Kebayang kan gurih dan enaknya durian berpadu dengan manisnya gula.  Glek glek... segaar. 

Campurkan semua, aduk merata dan tes rasa. Sesuaikan manisnya dengan level

Manis anda. 

Beginilah penampakan terakhir ibi tersebut. Mmmm... segarnya disiang hari yang terik en menyengat. Jujur saya blom pernah buat untuk suami saya loh, secara menurut dia durian tu nggak perlu dimacem macemin udah enak. Yaaaah begitulah , secara bikinnya dirumah mertua dan banyak anggota keluarga yang suka dengan duren Jadi yaaaa... selamat menikmati. 

You Might Also Like:
bottom of page