top of page

Ohio tu di Jepang ya??....what???

Pertanyaan aneh yang selalu ditanyain orang Indo ke saya. hehe, sebenarnya lucu aja sih, soalnya orang tuh taunya Amerika ya New york, Houston, Seattle, Chicago, daaaan sejumlah kota besar lainnya. Atau orang orang mengira ngira dari plesetan bahasa jepang yaitu "Ohayo gozaimasu" sebagai bagian dari wilayah di Jepang sanah. hihi. Kayanya dulu pas belajar sejarah disekolah emang saya nggak sampe detail mempelajari Amerika, tau Amerika tuh benua, tapi nggak sampe detail banget tau state atau negara bagiannya. Blom lagi setiap nonton film film pasti yang dikasih liat kalo nggak taman - taman, bronx, perumahan yang sejajar, Polisinya, taman lagi..hahaha..katro banget deh saya.

Yang saya tau ketika sampai disini, Amerika itu breathtaking, fascinating, dan beda 100 persen dari perkiraan saya. Atau saking banyak nonton filmnya jadinya pas jalan kemana gitu, jadi inget dan nyocokin...ooooo ini toh taman yang katanya baguuusss, oooo ini toh yang katanya Bronx, oooo ini toh polisinya,, daaan lain sebagainya.

Saya datang ke Amerika, untuk menyusul suami saya yang sekolah karena mendapat beasiswa dari perusahaan tempatnya bekerja. Sebelumnya suami saya sudah terlebih dahulu datang dan memulai kuliahnya disini selama 6 bulan. Kami tinggal di Kota Cleveland, yang termasuk kedalam State Ohio. Amerika sendiri terdiri dari 50 State atau negara bagian. kalo di Indonesia ya seperti Provinsi. State terbagi lagi menjadi beberapa wilayah kota, masing masing State berbeda beda luas wilayahnya, ada yang kecil, gede, sampe gede banget. Satu informasi lagi nih dikarenakan jaman dulu Imigran yang tinggal di Amerika berbeda beda asalnya, ada yang dari Inggris, Prancis dll, makanya kemudian, mereka membentuk pemukiman, yang menjadi kota, dan kemudian bergabung dengan kesatuan Amerika. Makanya nama lain Amerika ya United State. Got it?..lanjuuuut

Sejarah singkat amerika masih merupakan perdebatan dikalangan para historian atau ahli sejarah. Didahului dengan bangsa Viking yang datang di pimpin oleh Leif Erikson pada abad ke 11 dan kemudian di susul oleh pak Christopher columbus yang lahir di Italia dan merupakan citizen dari Republik of Genoa. Pak Columbus ini terkenal kemudian hari oleh kita kita, karena dia yang menyebabkan terjadinya pertemuan pertama bangsa Eropa dengan penduduk pribumi yang tinggal di Amerika, yang kemudian meresmikan zamannya eksplorasi dari para bangsa Eropa, dan menjadi sejarah pertama penaklukan, dan berlanjut dengan koloninasi yang berlangsung berabad abad selanjutnya. Perjalanan ini mempunyai dampak yang sangaaaat besar di dalam sejarah perkembangan dunia Barat. Boriiiinggg...hahahha...gitu deh, kalo saya sih seneng baca baca yang beginian alias seneng baca baca teori konspirasi tentang sejarah dulu yang saya tau.

Pak Columbus adalah orang yang mempelopori slave trade TransAtlantic dan kemudian di tuduh oleh beberapa historian sebagai orang yang menggagas ide genocide kepada para native Hispaniola. Ups...Columbus sendiri melihat perjalanannya sebagai jalan menyebarkan agama atau kalo buku sejarah indonesia oleh orang portugis semboyannya Gold, Gospel, Glory..idiiiih masih inget ajah..hehe

Balik lagi ke State Ohio, Nama Ohio berasal dari kata Ohi-yo (artinya Sungai Besar) oleh Native Amerika Iroquois. Dulunya, Tribe Iroquois tinggalnya di seputaran Lake erie dan Lake Huron dan di seputaran Great Lakes. Lihat gambar dikiri, diatas itu adalah Lake erie yang notabene berbatasan langsung dengan Canada, ibaratnya, kalo jago berenang langsung aja deh tuh berenang ke Canada. hihi.

Sebelah Kanan State Ohio adalah State Pennsylvania, Sebelahnya lagi adalah State New York. New York jauh amat ya sampe ke pojokan gitu, maruk banget sampe Air terjun Niagaranya diambil sama dia.. hehe..nah di Niagara itu ada jembatan ke Canada. Namanya Rainbow Bridge. Kalo dari Cleveland ke Niagara sih hanya 3 jam perjalanan, deket ya...kaya Jakarta - Bandung. Cerita ke Niagaranya di lain waktu yaa.. balik lagi, ini ngelanturnya jauh amat sih sampe dua State. halah.

Ada tiga C di Ohio yaitu Cleveland ( tempat kami tinggal), Columbus sebagai State Capital, dan Cincinnati ( ini buka State ya tapi kota), yang berada di garis lurus menyebrangi Ohio. Ohio sendiri adalah rumah bagi populasi Amish di Amerika. Tau kan Amish people yang sampai sekarang tetap menjaga kehidupannya dengan nggak pake peralatan modern. Dari ngebajak tanah, ladang, jahit, nyuci, nukang, semuanya tradisional. Biasanya Amish people terkenal sama hasil perkebunannya, Woodworkingnya, Tukang kayunya, Quilt, dan yang fakta utama kalo mereka pembuat roti terbaik, nyammm....secara diuleni pake tangan gitu loh. kalo di Indo kaya orang Badui gitu, bahkan baju mereka pun udah pasti dikenali kalo ketemu dimana mana. Sekarang tempat tinggal mereka banyak dijadiin tempat tujuan wisata, kalo pengen tau cara bikin Maple sirup, quilt, atau beli hasil perkebunannya, main mainlah ke Amish Country, begitu warga amerika menyebut daerah mereka. Kalau saya biasanya sih suka ketemu di Farmer's market yang diadakan setiap sabtu di deket apartemen.

Birthplace of Aviation

Well, tau nggak kalo Ohio terkenal dengan para Astronotnya?, in fact Neil Amstrong , John Glenn, Sunita william, berasal dari sini loh...cieee.. bangga..hihi. The Wright bersaudara juga berasal dari Ohio, nggak percaya, liat aja tuh di plat mobil Ohio diatasnya ada tulisan " The Birthplace of Aviation" nggak papa sedikit bragging ya...hehe. Ohya mengenai sebutan State, semua state punya sebutan sendiri , contoh Florida sebutannya The Sunshine State karena memang disana sinar matahari ada di sepanjang tahun, disana nggak ada salju, jangan mentang mentang diamerika ngiranya semua 4 musim. hihi. Biasanya orang indo seneng tinggal disini soalnya hangat hampir miriplah cuacanya sama di Indo.

Cleveland

Cleveland adalah salah satu kota penting di State Ohio. Why? emangnya ada apa sih?. Coba lihat lagi digambar atas, ada gambar not balok kan disana, yup betul Cleveland adalah rumahnya Rock and Roll hall of Fame. Apaan sih itu? The Rock and Roll Hall of Fame adalah Museum yang terletak di dekat pantai Lake Erie, nah pantai bukannya di pulau ya?.. hehe.. disini saking Lake erie gede banget, dibuatlah pantai dan pelabuhan yang gede.

Jaman dahulu, Lake Erie menjadi jalur perdagangan tersibuk dikarenakan dulu Cleveland adalah kota Industri. karena bisa langsung ke Lake Ontario di Canada sana melalui Welland Canal. Lake Erie yang di Cleveland berasal dari Detroit River ( tuuuhhh Kota Detroit di State North Dakota diatas sana, yang mengumumkan pailit alias bangkrut) nah dari sana mengalir menuju State Ohio, State Pensylvania, lanjut ke Niagara river, dan jatuh di Niagara Falls. Nah saking gedenya tuh danau sampe dibuatinlah pantai pantai yang menjorok ke Cleveland.

Biasanya akan rame sepanjang Summer, soalnya banyak kegiatan kegiatan yang dibuat untuk entertain warganya alias Clevelanders. tapi jangan dikiran airnya seger ya..dingiiiiiiinnya minta ampun, dan menurut saya sih nggak asik berenang disitu, ada batas jarak untuk berenang jadi nggak boleh jauh jauh pasti langsung di semprit en di halow halow sama Lifeguard. Blom lagi baru berenang sebentar, eh langsung di suruh naik lagi istrahat, setengah jam lagi baru boleh turun lagi ke air. hahaha..dasar rebel nggak mau diatur atur...menurut looo.....supaya safety gituuu makanya ada rule nya dan ini berlaku di setiap pantai disini.

Rock and Roll Hall of Fame Museum

"Music gives us a microphone to speak to the world.

And music has the power to bring generations, nationalities and people together"

Tahun 1983, Rock and Roll Hall of Fame Foundation dibentuk untuk membuat Rock and Roll Hall of Fame Museum. Beberapa kota kemudian diajukan menjadi lokasi untuk museum tersebut. lebih dari 600.000 orang menandatangani petisi, meminta agar lokasinya bertempat di Cleveland dan kemudian Cleveland menjadi pemenangnya. Alasannya as simple as Cleveland adalah rumah oleh Alan Freed. Seorang DJ yang bertanggung jawab menemukan the term of "Rock and Roll". Bangunannya dibuat oleh arsitek yang bernama I.M. Pei. Its so unique.

Museum ini memang diperuntukkan untuk segala sesuatu yang berbau rock on roll, untuk kalangan awam, gampangnya musik rock and roll itu berasal dari genre gospel, blues, RnB plus swing. Lanjut kemudian di tambahin electric gitar, karena keseringan di denger, agak susah nyebutinnya kalo disebutin semua tuh, tahun 1942, kolumnis dari Billboard magazine, Maurie Orodenker mulai nyebutin "rock-and-roll" untuk menggambarkan rekaman - rekaman upbeat yang merupakan campuran genre diatas. Rock and Roll sendiri pengandaiannya kaya kapal yang lagi dilaut, goyang goyang gitu..hehe.. makanya kalo denger musiknya bawaannya pengen goyang aja. ada aja ya idenya. Di dalam museumnya isinya ada Inductees hall of fame. ada empat kategorinya: Performers, Non-Performers, Early Influences, and Side-men. Untuk menjadi Inducted di Hall of fame, seseorang harus berkaitan dengan rock and roll in some way. Dia nggak harus penyanyi, atau musisi. Kalo dia Performer, dia nggak berhak ditunjuk sampai 25 tahun setelah dia mengeluarkan album pertama. Inductees pertama di Hall of fame yaitu Chuck Berry, James Brown, Ray Charles, Fats Domino, the Everly Brothers, Buddy Holly, Jerry Lee Lewis, dan Elvis Presley.

pokoknya, museum ini keren banget untuk para penggemar musik, disamping pemandangannya yang stunning.

The Buckeye State

Sebutan untuk State Ohio yaitu Buckeye State, Buckeye adalah sejenis pohon yang bijinya menyerupai kacang kacangan, kaya pine nut gitu. buahnya kaya lengkeng ya...bulet bulet warnanya pun mirip.

oleh orang orang disini, disebut sebut membawa keberuntungan. Biasanya dijadiin tanaman peneduh di pinggir jalan. Oleh Native american buahnya dibilang mirip dengan mata rusa jantan, kalo diliat liat sih iyaa mirip loh. hihi. mengenai sebutan ini kalo diindo kaya motto kota gitu deh, yang suka diliat liat di pintu gerbang pas masuk ke kota, kayak Bogor mottonya Tegar Beriman, kalo Jakarta mottonya Teguh Beriman, eeh jangan salah ya..motto Jakarta tuh bukan Enjoy Jakarta, soalnya banyak yang nebaknya gitu..hahaha.

The “Mother of Modern Presidents,”

Ohio adalah tempat lahirnya tujuh presiden Amerika, makanya dibilang mommynya modern presiden. hehe. mereka adalah Ulysses S. Grant, Rutherford B. Hayes, James Garfield, Benjamin Harrison, William McKinley, William H. Taft and Warren G. Harding. Presiden amerika emang ada berapa sih, banyak amat hehe emangnya di Indo, Presidennya baru 7. hehe secara kita juga negaranya lahirnya baru tahun 45, hehe.. ngelunjak. sampai Presiden terakhir ini, Presiden Amerika berjumlah 45 orang. dan Ohio punya andil memenangkan calon Presiden yang terakhir dilantik ini. makanya Ohio dikenal sebagai tempat "Swing Voters". hehe.

Negara Amerika memang berbeda sistem politiknya dengan Indonesia, di Amerika ada yang dikenal dengan namanya Electolar college.

Inget ya ini prosesnya bukan nama tempat. cateeet. Klo pengen tau sistemnya klik disini ya

The point is, Ohio mempunyai 18 Electoral votes, dimana sangat signifikan untuk meraih suara, makanya Ohio selalu jadi tempat kampanye untuk bakal calon presiden. Lumayan kan kalo mo ketemu Obama atau Hillary, tinggal dateng aja kalo mereka kampanye, dan gratis bow...

karena who knows whos gonna win gegara dari para swing voters ini, sebagai buktinya lihat aja yang jadi presidennya sekarang, katanya banyak daerah di Ohio yang memilih dia menjadi presiden.. siapakah diaaa..anda pasti tau...

Home of Famous Inventor

Kalo jaman SD dulu, ilmuwan yang pertama dikenalin pas pelajaran IPA adalah: Siapa penemu Listrik? yup. beliau Thomas Edison yang lahir di Milan, Ohio, Wright bersaudara, yang tinggal di Dayton, Ohio yang pertama menerbangkan pesawat bertenaga tahun 1903, siapa lagi oya penemu Cash Register ..what..iya namanya Charles Kettering yang lahir dekat Loudenville, OH, trus pindah ke Dayton, eh orang Dayton mana yaaaa yang nggak pulang pulang ke Indo..hihi..( Ada temen disana) pak Charless ini juga menemukan elektrik starter buat mobil. trus ada pak Garret Morgan yang menemukan stoplight dan Gas Mask, Josephine Cochran membuat dishwasher, pak James Spangler yang menemukan portable electric vacuum cleaner -Daniel Beard yang merupakan founded the Boy Scouts of America yah..Salam Pramuka.

in fact, Teflon, quaker oatmeal , hot dog, bola golf, dan the Amazing Superman lahir di Ohio, di salah satu pojok apartemen yang kecil, oleh Jerry Siegel sama Joe Shuster. You’re welcome, world. You’re welcome. Come on, this one is preety cool rite? hehe, kalo mo disebutin satu satu luamaaaa banget blom lagi nyebutin para astronot astronot itu...akeh tenan....tercatat ada 21 orang astronot berasal dar Ohio mulai dari the Famous Neil Amstrong, John Glenn daaan lainnya. jangan dibahas satu satu ya..

begitulah sedikit pengenalan tentang Ohio terutama kota kami Cleveland. Clevelandnya beda post ya kakaaa....supaya lebih seru.....

bersambung...

You Might Also Like:
bottom of page