top of page

Cleveland LEGO KidFest 2016

Whoooot..whooooooot.....baru ngedenger aja akan ada acara ini udah teriak teriak kesana kemari, info sana sini, baca baca info en blog yang terkait dan teteeeuup berharap ada diskon tiket dari Groupon..hahaha..dasar mak mak.


LEGO KidsFest adalah acara official dan annual yang disupport dan di authorized oleh The LEGO Company. Jadi pesta LEGO ini muter muter di Amerika bagian utara dengan membawa peralatan perangnya yang wuidiiihhhh, bener bener bikin mind blowing bukan hanya anak anak tapi orang dewasa juga terutama para maniak dan kolektor LEGO.


Dulu kenal LEGO cuma mainan gitu gitu aja (maklum orang kere) en yang paling tenar di Indonesia kan LEGO super heroes dan minifigurin nya yang kemudian di tiru oleh LEGO lele dari China. hihi. Nah pas diAmrik sini, baru deh kebuka matanya, this is the real LEGO. ada Club Officialnya, yang tiap bulan di toko tokonya ada kegiatan ngebuild something dan pulangnya dapet oleh oleh lego. Di komunitas daerah tempat tinggal kita juga bisa daftar Club LEGO yang disekolah sekolah. Jadi seminggu sekali ada LEGO Club disekolah untuk versi ngebuilt engineernya. dan pulangnya anaknya dikasih juga sepaket LEGO. Enak banget kan. Belum lagi anak anak kalo habis bikin sesuatu bisa di foto, trus di upload ke Designer LEGOnya yang nerbitin buku. Kalo habis beli LEGO setnya di saranin kasih saran dan ide kurangnya dimana, Barra paling suka bagian ini soalnya dia bisa langsung contact CS nya trus nanya nanya. Kalo buat orang yang nggak pernah kena budaya kaya gini bakalan mikir apa apaan sih contact CS pake nanya nanya segala, ternyata mereka bener bener ngejawab dan menerima masukan anak anak loh. bahkan motto mereka : We take kids seriously..kaannn...


LEGO KidsFest dimulai sejak tahun 2009, dan tercatat udah sekitar 35 pemberhentian tur, melanglang buana ke lebih dari dua belas kota kota sepanjang Amerika Utara. Para LEGO mania bisa menguji kreatifitasnya di construction zones, ketemu dan berguru dari LEGO Master Builders, ikut membangun sesuatu, and nggak kecuali ngeliat life size models yang semuanya terbuat dari LEGO bricks.


LEGO Systems, Inc. adalah perusahaan keluarga yang companynya based di Billund, Denmark, adalah salah satu perusahaan didunia yang mengutamakan creatively educational play materials untuk anak anak. Perusahaan ini berkomitmen untuk mengembangkan kemampuan kreatifitas untuk anak anak serta kemampuan berimajinasi, dan semua karyawannya selalu berdasarkan pada motto dari Foundernya Ole Kirk Christiansen: “Only the best is good enough.” Sejarahnya bisa di gugel sendiri yah... can't believe dulu bapak Kirk mulai dari bikin mainan bebek sebagai produksi pertamanya dan liat sekarang?...ckckck..


LEGO Kidfest 2016 di Ohio kali ini bertempat di Cleveland. fiuuhh..untungnya di kota kami, secara kalo di bagian Ohio yang lain jauuuhh banget. hehe..Acaranya 3 hari. Mulai dari hari Jumat, sampai minggu November 4-6 2016. bayar masuknya sekitar $20 per orang, jadi kita sekeluarga dikali 4 totalnya $80 plus $10 untuk parkir. Bayarnya online jadi tinggal di print aja ticketnya. Nah pas diperiksa tiketnya cuma diliat aja tuh tiketnya, nggak diitung berapa orangnya, hihi kalo ngajak orang lain kayanya bisa masuk deh. hahaha..culas deh. Peraturannya nggak boleh bawa makan dan minuman soalnya di dalam udah ada booth jualan juga tapi kalo bawa water bootle boleh sama makanan beby. Untuk lihat Jadwal Lego Kidfest bisa dilihat disini ya.


Menurut saya, acara ini bener bener hebat ngelolanya. Pertama dari segi pembagian jam berkunjung, kayanya semakin cepat belinya, semakin cepat dapat tiket untuk hari jumat, dan selanjutnya. Kebetulan kita dapat yang Sabtu sore. Jadi dari jam 2 sampai jam 6 sore, dari hasil dibagi hari inilah tiap acaranya dibuka nggak sampe ngelebihi kapasitas pengunjung, jadi anak- anak sampe kakek nenek bisa nyaman nyaman aja muter muter, dan tiket di Cleveland kali ini Sold out loh. hebaaatt... Intinya memikirkan segi kenyamanan pengunjung, hal yang patut ditiru, jangan mentang mentang banyak yang suka trus di abuse deh alias diambil kesempatan untuk narik pengunjung sebanyak banyaknya. Indonesia keleeess....ups


Acaranya di selenggarain di Convention center, kalo di Jakarta PRJ lah ya atau JCC. Karena jumlah pengunjungnya udah dijadwal, jadi crowdednya pengunjung biasa aja. Antrian masuk lumayan panjang tapi seiring dengan dibuka acaranya ya menyebar sesuai dengan minat masing masing. Masuk dikasih peta untuk muter muter, dan kita notice kalo ada tempat tempat tertentu yang ngasih souvenir LEGOnya. Pokoknya ada 4 Booth yang ngebagi - bagiin set lego per orang jadi we dont want to miss it alias nggak mau rugi..hehe


Di depan pintu masuk, udah disambut sama real size nya super heroes dan teman temannya. Ada Star Wars, Hulk, Superman, Spiderman, daaan lain lain. Yang pasti sebenarnya kita nggak foto foto dulu soalnya masih termasuk rame. Kita sengaja mulai dari bagian tengah lanjut ke arah bagian belakang baru kemudian ke bagian depan sekalian pulang gituuu. Semua Lego di bagi berdasarkan tema dan namanya. Karna kebanyakan isinya ngerancang dan ngebangun, otomatis harus nemenin anak deh. di Bagi tugas deh tuh. Ibu sama Loula, Barra sama Ayahnya.


Pertama karna Loula masih di bawah 5 tahun, makanya diajak ke tempatnya Lego Duplo. Disini udah di hampar Lego duplo Princess castle. Ngebangun Castle deh. Tadinya sih anak anak hanya ngelilingin legonya eh abis itu mulai deh pada ngegeratak naik ke atas legonya. bunyinyaaa...huhuhu... berasa duit dibuang cuma cuma..hihi..legonya diinjek injek gegara pada gali gali sepuas hati.

Castlenya udah jadi, habis itu kabur dech ngeliat Lego Friends


ini lego Duplo untuk anak cowok, walaupun terserah aja sih, cuma namanya anak cewek yang senengnya ketemu princess - princessan..kata loula sih..i love aaaalll the princesess, iya deeeeehhh...

Liat tuh...langsung pada ngejoprok aja tuh begitu ketemu legonya.


Di depan di sambut sama Lego Friends. tadinya kita nggak ngeh kalo disini, disuruh buat bentuk apa aja dari lego friends dan hasilnya di tukar sama sepack lego. Nanti udah mau pulang baru deh pada buru buru kesini bikin rumah rumahan trus ditukerin sama 4 pack lego friends..hahay senangnyaaaa.....


Selanjutnya kita ke dunia Princess...eh ada cinderella yang idungnya kotak..hihihi....hebat aja nih bikin figurinnya. bener bener butuh kesabaran dan keahlian tingkat tinggi, apalagi ngelem piece by piece nya..wuidiihhh capeee....btw, ntu sepatu kaca lumayan banget ya kalo dipake buat nimpuk orang. bukannya benjol malah pingsan sama patah tulang belakang kali yak..hahaha..iseng.



lihat muka anak itu, ceria, sumringaaah banget sambil terkagum kagum sama lego yang berbentuk buku ceritanya...keren banget deh pokoknya.


Bagian Lego Disney princess sepi loh soalnya mungkin anak anak lebih tertarik sama lego friends dan lebih ngehits. padahal lumayan seru juga bentuk bentuknya. Cuma ya itu butuh banyak waktu untuk bisa ngebuilt satu castle lengkap sama princessnya jadinya yasud, buru buru nyari ditempat yang lebih seru.


Sempetin foto sama mamak kingkong sama beby kingkong ini mumpung sepi yang moto moto.



Ketemu sama semua superhero ini, itu mukanya manis amat ya...sampe pegangan sama captain amerika kaya mo nyebrang jalan ajah..hahaha


Ada om Spiderman yang keren, meluk om Hulk, ada Groot yang walaupun serem udah ketahuan unyu unyu dan bapak sama anak ini minta difoto, sambil lari kesana dan kesini, mamaknya yang sibuk mondar mandir ngejar mereka yang antusias minta difoto. Kalo ayahnya sih ketahuan masa kecil kurang bahagia..hahaha.


All starwars cast

Lego Batman, Lego Nexo knights dan gamenya, plus Lego Ninjago.



Sampai di tempat lego bricks, ada sponsor yang ngasih souvenir sambil minta anak anak create sesuatu dan bisa dipajang di lemari kaca di tengah booth. Loula buat Dinosaur pink dan Barra malah bikin Man with runny nose, dasar iseng. Kita naronya sambil ngikik ngikik iseng..hahaha

karna Loula cepet bosen nungguin Barra, kita duduk duduk di booth bacaan ini ajah. banyak bean bag plus buku buku lego yang bikin ngeces. Pengen punyaaaaa..... liat aja tuh mukanya seriyes banget. kalo muka maknya sih mupeng..hehe.


Ini bagiannya Master Builder sama teamnya bikin experimen sambil ngajak anak anak berinteraksi. pengen duduk sih tapi udah males duluan liat antriannya. habis itu anak anak diajak bikin bentuk experimen juga. Kita nonton aja deh dari luar. yang bawain acaranya seru sih.


Di bagian ini, semua dikasih kesempatan buat bangunan atau sesuatu yang menunjukkan ikon di masing masing state di Amerika, nanti di bantu sama mba mbanya untuk di taro di bagian mana. Keren keren loh. Ada yang sampe bikin taman bermain Disneyland di Florida.


Foto ini hasil ngantri di foto studio. Foto dulu nanti hasilnya di email. ada tempat foto box juuga di deket Lego Friends tapi antriannya panjang, nggak jadi deh fotonya. Barra dapet banget posenya, loulanya nih yang keliatan banget palsunya but she looks so cute rite?..


Sampailah kita di bagian Lego yang bikin mamak senang. Seru banget, mamaknya katro soalnya baru sekali ini liat legonya bisa jadi monster. Lego mixels ini emang printilannya banyak tapi banyak bagian bagian yang unyu unyu kaya kristal, mata yang sesuai sama emotion, plus warnanya yang lucuuu banget. Mamak juga sibuk bikin bikin disini, rame banget sampe desek desekan di kolam legonya. Habis buat, legonya dipajang di lemari kaca juga. Kita ngabisin waktu disini sambil nunggu ayahnya yang ngantri untuk ikutan Lego Challange zone di lapak sebelah.


Di lego Challange Zone ini, sekeluarga dikasih kesempatan semenit untuk buat bentuk sesuai tema yang dikasih sama MC nya. Pas bagian kita mintanya bikin pumpkin. Gimana bikinnya coba, orang piece nya nyampur gitu. Pokoknya sesuai sama imajinasi kita deh. Akhirnya kita buatnya pie pumpkin di gerobag..hahaha...

Ohya sambil nunggu giliran kita, ada pemandangan lucu, ada sekeluarga yang pada sibuk lomba, sementara anak kecilnya nggak ngaruh sama suasana di sekitarnya. Doi cuma ngejoprok aja di bawah sambil main ipad.. hahaha...nggak peduli dunia sekitar deh. Dan Loula ngambek pengen bikin sesuatu tapi waktunya dikit banget. dan kita semua dapet masing masing sepack lego...hahay...


Bapak bapak narsis dulu liat yang beginian.


Sampailah kita di Booth Lego Starwars, mamak paling nggak suka nih Lego starwars yang serupa dengan Lego Byonicle, aneh aja bentuknya. Gede gede nggak jelas..hahaha...karna piece nya gede gede dan cuma bikin figurin starwarsnya. Beside, kita nggak ngepens ngepens amat sama Star Wars jadi ya...singgah sebentar trus kabur deh ke lapak sebelah yang lebih seru.


Ini dia yang seru. Lego Bricks yang small, unyu unyu, dan bisa dipake buat ngeblock. Barra bikin sign Ohio, Loula bikin orang lagi smile katanya, trus mamak yang pengen bikin bendera Indonesia, malah di bajak sama anak anaknya. Dari sepanjang booth yang paling cepet habis sih warna merah, sampe muter muter kemeja lain nyarinya. Oh ya legonya saking kecil jatoh jatohan sampe ke bawah bawah meja. Coba kalo niatnya ngambil ya, udah penuh tuh tas sama printilan lego kaya gini. Satu hal yang perlu diajarin sama anak anak. Mau sekecil apapun dan dalam keadaan apapun, yang namanya ngambil ya namanya mencuri alias stealing and that is not good sodara sodara...


Dan mereka pun bangga soalnya bisa dipajang di wall of fame ini...


Sisi lain real size figurin dan set Lego yang dipajang disela sela jalan.


Muka muka amaze dari anak anak, kalo orangtua sih mikirnya, berapa banyak abisnya untuk beli satu set lengkap gini..hihi


Nah tibalah kita dibagian yang dihindari oleh para orang tua..hahaha...tapi kalo diliat dibagian clearancenya sih termasuk murah dibandingan beli di toko. Loula dapet set lego Elves, Barra prefer beli lego mixels yang lucu. ohya nggak lupa beli brick separator yang warna orange itu loh, abisnya anak anak biasanya misahin lego yang nempel pake gigi, iiiiiihhh....sampe ada tanda dimana mana.hehe


Mamak tertarik banget sama printilan Lego kaya gini. sampe pengen nanya bisa beli dimana line buat ngantri yang ada tulisan legonya.hihi... oh ya disamping ini ada satu booth nonton film lego untuk yang cape dan pengen istrahat sebentar, tinggal duduk dibean bag sambil selonjoran kaki.


Another tempat untuk futu futu. itu hedge hog di Lego friends berasa pengen dimasukin tas aja..hahaha


oh ya ini pas kita ikutan Challange di Star Wars booth. Jadi sekeluarga dikasih instruction untuk lari bolak balik ngambil part pesawatnya dan akhirnya kalo udah disusun langsung lari ke depan sambil bawa hasilnya. Seruuu banget. Dan kita adalah keluarga terakhir yang ada diantrian, pas selesai sama mba mba jaganya dikasih sisa legonya doong. Kan masing masing harusnya dapet sepack, kita dapet tambahan 3 pack.. i just wishper to her..Thank youuuuu... eh pas keluar dari booth ada anak cewek kecil ngeliatin sambil senyum ke mamak, apa daya senyumnya menarik tangan mamak untuk memberikan sepack untuk dia..sooo cute..anak kecilnya seneng banget trus langsung pamer ke mamanya kalo dia dapet gratis juga.hihi


Working as a team is soooo fun... teamwork people..teamwork...!!!


Udah hampir malam, tandanya eventnya udah mau ditutup tapi kita sempetin ke sini. tadi pas baru pertama ada challange untuk bikin building setinggi tingginya dan dapet souvenir legonya juga. Since kita dah mo tutup acaranya jadi dibiarin aja sama panitianya...jadilah pada nganggap ini adalah kolam renang lego...liat aja suka sukanya anak anak. Eh orang tuanya juga deng..


Have fun di kolam Lego


Ada cerita lucu, pas kita asik asikan lari- larian en berenang disini, trus security udah mulai ngusir ngusirin tuh. tapi dijawab dong sama mamak, I dont wanna go hoooooooome..... hahahaha... securitynya sampe harap maklum sambil ketawa ketiwi..hahaha...

Dipintu keluar ada booth untuk daftar ke Legoland di Florida beserta paket paketnya..hiks pengen tapi jadwal bapaknya bener bener nggak memungkinkan, next time maybe.


Di deket pintu keluar ada ini lagih,,, yuks futu lagi..

Nah tadinya nungguin sampe anak anak ini pada pergi supaya sama persis sama filmnya.. ah sampe cape nunggunya, akhirnya futunya sambil sama beby beby...hehe

Tiba waktunya pulang. What a fun day. Loula sampe ngambek nggak mau pulang makanya langsung digendong supaya nggak nangis. Barra seneng banget soalnya ada sesuatu yang dibeli, ayah senang soalnya masa kecilnya terulang kembali sama mainan, mamak seneng soalnya kalo diitung itung dapet lego 12 pack, dan intinya balik modal..hahaha..dasar mak mak...see yaaa....kita pulang dulu sampai jumpa di episode halan halan berikutnya. Wassalam


You Might Also Like:
bottom of page